INDAHNYA KURIKULUM 2013: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

(ismail_smg@yahoo.com/depok_4 april 2013)

Bismillah. Pendidikan Agama Islam di Sekolah atau yang dikenal dengan sebutan PAI Kurikulum 2013 bersamaan dengan mata pelajaran lainnya akan segera diterapkan pada tahun pembelajaran baru 2013/2014, tepatnya pada bulan Juli 2013. Demikian ditegaskan oleh Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada berbagai forum dan kesempatan sosialisasi kurikulum 2013.

Menurut pandangan saya, desain Kurikulum PAI 2013 secara filosofis dirancang untuk menghasilkan peserta didik yang berkepribadian muslim yang tangguh keimanannya kepada Alloh Subhanahu Wata’ala, mampu menjalankan syariat Islam secara  kaaffah dan istiqomah, mampu bersikap dan berperilaku dengan akhlak mulia dalam kehidupan  yang harmoni demi mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan hakiki di dunia dan akhirat.

Secara hirarkhis, standar isi Kurikulum PAI 2013 dijabarkan dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) dan Kompentensi Dasar (KD) serta Tujuan Pembelajaran (TP).

APA SAJA KOMPETENSI INTI (KI) KURIKULUM 2013 ?

Kompetensi inti Kurikulum 2013 terdiri dari empat kompetensi utama berikut.

  1. Kompetensi Inti Satu/ KI-1 (Spiritual): Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Kompetensi Inti Dua/KI-2 (Sosial):Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Kompetensi Inti Tiga/KI-3 (Pengetahuan): Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Kompetensi Inti Empat/KI-4 (Keterampilan):Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Keempat kompetensi initi tersebut menjadi kompetensi utama dan wajib ada pada semua mata pelajaran di semua satuan pendidikan dasar dan menengah tidak terkecuali mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), kemudian dijabarkan ke dalam Kompetensi Dasar (KD) pada setiap mata pelajaran masing-masing termasuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Kompetensi Dasar (KD)  mata pelajaran  Pendidikan Agama Islam (PAI) disusun untuk semua kelas pada jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK.

Pada tahun pembelajaran baru 2013/2014 kurikulum 2013 PAI akan diterapkan secara bertahap pada Kelas Satu SD/MI, Kelas Empat SD/MI dan Kelas Tujuh SMP/MTs.

Kita semua berharap agar tujuan penerapan kurikulum 2013 yang mulia ini benar-benar berhasil mengantarkan anak bangsa Indonesia yang terbaik di masa kini dan masa depan dalam bimbingan dan ridlo Alloh Sang Maha Pendidik ummat manusia dan seluruh makhlukNya di alam semesta. amiin. Bismillah wa la haula wa la kuwwata illa billahil’aliyyil adliim. [ismail_smg@yahoo.com]